Bolakuonline.com
Berita Olahraga Terupdate Hari Ini

4 Pemain Legenda Sepak Bola Indonesia

0 157

4 Pemain Legenda Sepak Bola Indonesia – Berapa jumlah penduduk Indonesia saat ini? Lebih dari dua ratus lima puluh juta jiwa? Sering orang mempertanyakan, kenapa dengan penduduk jumlah besar kita tidak mampu menciptakan tim nasional yang berkelas internasional? Prestasi sepak bola dapat dikatakan terus terpuruk.

Prestasi tim nasional terbaik sampai saat ini adalah finalis Sea Games 2019, juara Sea Games 1991, dan juara AFF U-19 ketika menjadi tuan rumah tahun 2013. Hmm.. pernah juga hampir masuk laga utama Piala Dunia tahun lho! Indonesia hampir  lolos dari zona kualiafikasi  ke Piala Dunia Meksiko tahun 1986 tetapi kandas oleh Korea Selatan.

Apakah itu berarti Indonesia tidak pernah punya pemain hebat? Meski masih banyak pro dan kontra, jawabannya tidak demikian. Sepak bola punya banyak legenda yang hebat. Sampai saat ini bahkan masih melahirkan pemain yang sekelas dengan pemain internasional lain. Hanya saja, mungkin pembinaan dan beberapa hal lain yang terkait di dalamnya belum bisa menciptakan prestasi tim yang baik.

Mau tahu siapa saja pemain hebat yang menjadi legenda sepak bola Indonesia? Ini beberapa di antaranya berdasarkan berbagai sumber. Nomor tidak menunjukkan urutan peringkat paling hebat.

READ  Pemain Bintang Yang Kini Jadi Pelatih Sukses

Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas mungkin pemain legenda yang paling dikenal Millenial. Ya, karena diusianya yang ke-39 tahun dia masih memperkuat klub asalnya, Persija Jakarta beberapa tahun lalu.

Bambang yang dikenal dengan sebutan Bepe ini memang belum menyumbangkan piala bergengsi untuk Indonesia selama bermain. Prestasi tim terbaiknya adalah  runner-up Piala AFF tahun 2002 yang saat itu masih bernama Piala Tiger.

Namun, Bepe tidak pernah lepas dari ikon Macan Kemayoran. Dia pemilik caps terbanyak, sebanyak 85 dan selamn kiprah internasionalnya merupakan pencipta gol terbanyak kedua. Gol yang dihasilkan dari kakinya sebanyak 37 gol. Kemampuannya yang paling diingat adalah menanduk bola dan striker oprtunis. Meski tingginya hanya 170 cm, Bepe adalah lawan duel di lapangan hijau yang sangat tangguh.

Ronny Pattinasarany

Milenial mungkin tidak banyak kenal sepak terjang ronny Pattinasarany. Ia adalah pemain sepak bola yang sampai saat ini masih dikenal sabagai playmaker terbaik. Umpan-umpannya kepada rekan tim selalu terukur dengan baik. Hal tersebut dipadu dengan tendangan jarah jauh yang akurat.

READ  Sportifitas Sepak Bola Tercoreng Beberapa Kasus Ini

Meski pada masa jayanya, sepak bola Indonesia belum berhasil menorehkan prestasi, sebagai individu Ronny meraih beberapa gelar. ia adalah peraih All Star Asia 1982, Olahragawan Terbaik  Nasional tahun 1976 dan 1981, serta pemain terbaik Galatama 1979 dan 1980.

Prestasi tim terbaiknya, yaitu membawa Timnas meraih medali perak SEA Games 1979 dan 1981. Setelah itu Ronny pernah menjadi Kapten dan Pelatih Tim Nasional Indonesia.

Robby Darwis

Jika Macan Kemayoran mempunyai Bambang Pamungkas sebagai legenda, Maung Bandung punyai Rooby Darwis. Tidak seperti kebanyakan pemain Indonesia, Robby mempunyai postur tubuh yang ideal dan kekar. Akibatnya, ia sangat piawai dalam dual satu lawan satu di udara.

Selama masa kejayaan karirnya, Robby pernah membantu Timnas meraih medali emas SEA Games tahun 1987 dan 1991. Sementara di Persib, Robby membantu klubnya menjadi juara kompetisi utama yang saat itu masih disebut perserikatan, tahun 1986, 1989, 1993. Ia pernah juga merasakan ikut membawa Persib meraih gelar juara Liga Indonesia di musim tahun 1994/1995.

READ  Adakah Harapan Pada Timnas Indonesia

Bima Sakti

Bima Sakti mungkin kurang dikenal dibandingkan ketiga pemain yang sudah diungkapkan di atas. Namun, perstasinya tidak kalah melegenda. Ia merupakan salah satu anggota tim Primavera PSSI yang dikirim ke Italia pada era tahun 1990-an. Kelebihannya terlertak pada tendangan yang keras dan kepemimpinannya.

Kemampuannya membuat ia pernah dikontrak oleh klub Swedia, Helsingborg selama semusim. Sementara itu, bersama Timnas Bimasakti pernah mengantongi 56 caps dan mencetak 11 gol. Sayangnya, Timnas bersamanya belum pernah meraih gealr juara. Dia pernah meraih gelar pemain terbaik ketika membawa PSM Maksar meraih gelar juara Liga Indonesia di musim 199/2000.

Itulah 4 pemain Indonesia yang mewakili legenda masing-masing di zamannya. Pemain yang membuktikan bahwa Indonesia pernah mempunyai striker dan playmaker terbaik. Bahkan , ada pemain yang pernah pula dikontrak oleh klub asing. Tentu saja selain mereka ada pemain legendaris lain yang belum disebutkan, seperti Kurniawan Dwi Yulianto, Rony Pasla, Soutjipto Sountjoro, dan lain-lain.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More