Bolakuonline.com
Berita Olahraga Terupdate Hari Ini

5 Deretan Bintang Piala Dunia di Liga Indonesia

5 Deretan Bintang Piala Dunia di Liga Indonesia
0 50

5 Deretan Bintang Piala Dunia di Liga Indonesia – Sejak tahun 1994 Liga Indonesia yang sudah berjalan beberapa tahun mengalami perubahan. Penyelenggaraan kompetisi sepak bola dan klub-klub yang terlibat di dalamnya dibuat menjadi lebih profesional.

Pemain dan pelatih kini bisa diambil dan dibayar profesional dari luar negeri. Cara ini diharapkan membuat daya saing pemain Indonesia yang berada dalam klub mempunyai daya saing lebih tinggi. Selain itu, dari pemain dan pelatih luar negeri yang direkrut akan banyak pelajaran yang diperoleh.

Tidak hanya pemain biasa yang pernah ikut berlaga di Liga Indonesia. Ada beberapa pemain bintang yang pernah berlaga di Piala Dunia ikut meramaikan klub dan kompetisi. Siapa sajakah mereka? Ini dia beberapa di antaranya.

1. Ebwelle

Ebwelle adalah pemain bintang yang berasal dari Kamerun, Afrika Selatan, negara kuda hitam yang sering mengejutkan karena mengalahkan tim-tim besar di Piala Dunia.

Ebwelle pernah membela Kamerun di Piala Dunia 1990 dan Piala Afrika 1992. Persisam Samarinda menjadi satu-satunya klub di luar Kamerun di mana dirinya pernah terlibat.

READ  Persipura Jayapura, Klub dengan Prestasi Terbaik di Liga Indonesia

Ebwelle berlatih dan bertanding bersama Persisam selama satu tahun. Setelah itu, dia kembali ke negaranya dan bermain di sana sampai akhi karir di tahun 1996.

2. Roger Milla

Pemain yang juga berasal dari Kamerun ini dapat dikatakan salah satu pemain berpenampilan terbaik selama berada di klub Indonesia.

Ia datang ke Indonesia dan membela Pelita Jaya pada tahun 1994 seusai Piala Dunia. Di Piala Dunia tersebut ia tercatat memecahkan rekor sebagai pemain tertua yang pernah mencetak gol. Saat itu, usianya sudah 42 tahun.

Namun, di usia yang sudah melewati kepala empat, tampilannya tetap prima. Dia sempat mencetak 23 gol dari 23 pertandingan bersama Pelita Jaya. Bahkan, ketika sesudahnya tampil semusim untuk Samarinda, Roger Milla masih mencetak 12 gol dari 18 kali pertandingan.

Putra Samarinda merupakan klub terakhir yang ia bela sebelum akhirnya gantung sepatu.

3. Mario Kempes

Kebanyakan bintang Piala Dunia yang pernah membela klub Indonesia berasal dari daratan Afrika. Mario Kempes menjadi satu dari sedikit bintang di luar Kamerun.

Bintang yang berasal dari daratan Amerika, tepatnya Argentina ini pernah menjadi bagian Timnas Piala Dunia di tahun 1974, 1978, dan 1982. Artinya, dia turut menjadi bagian dari tim yang membuat Argentina menjadi juara di tahun 1978.

Kempes membela klub Pelita Jaya diakhir karirnya selama semusim. Di sini dia masih sanggup mencetak 10 gol dari 15 pertandingan.

4. Natsja Ceh

Dilihat dari namanya, Nastja Ceh emang berasal dari Eropa Timur, tepatnya Slovenia. Dia lahir di Yugoslavia.

Ceh pernah tampil bersama Timnas Solevnia di Piala Dunia 2002 dan mengantongi 46 caps selama karir membela negaranya.

Namun, hampir sama dengan pemain lain, Ceh tidak lama di Indonesia. Dia pernah bermain di lapangan hijau bersama PSMS Medan di tahun 2012 dan hanya mencetak 3 gol dari 14 pertandingan.

Setelah itu, ia hengkang ke klub di Vietnam, Than Hoa, tahun 2014. Karirnya sendiri diakhiri di klub masa kecil, NK Drava Ptuj tahun 2018.

READ  Kompetisi Sepak Bola Nasional dari Masa ke Masa

5. Pierre Njanka

Memang banyak pemain bintang Kamerun yang pernah ikut berlaga di Liga Indonesia. Di tahun 2008, ada Pierre Njanka Beyaka yang memperkuat Persija.

Namun sayang, pemain yang pernah memperkuat Kamarun di Piala Dunia 1998 dan 2002 ini tidak dapat menunjukkan kontribusi maksimal dengan Persija. Akhirnya dia pindah ke Arema FC pada tahun 2009.

Di bawah pelatih Robert Rene Alberts, Njanka memberikan penempilan terbaik. Ia mengantarkan Singo Edan menjadi juara Indonesia Super League. Bahkan, ia ditunjuk sebagai kapten lapangan hijau karena pengalaman dan kepemimpinan di lapangan.

Masalah internal Arema membuat Njanka pindah ke klub Mitra Kukar dan akhirnya Persisam Samarinda. Dia mengakhiri karir di tahun 2013.

Itulah deretan pemain bintang Piala Dunia yang pernah memperkuat tim atau klub di Indonesia. Tentu saja masih banyak nama-nama lain yang berkiprah. dengan harapan sepak bola Indonesia semakin maju.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More