Bolakuonline.com
Berita Olahraga Terupdate Hari Ini

Adakah Harapan Pada Timnas Indonesia

sport 18 - Adakah Harapan Pada Timnas Indonesia
0 187

Bolakuonline.com, Adakah Harapan Pada Timnas Indonesia? – Pertanyaan di atas mungkin sering muncul mengingat kondisi persepakbolaan tanah air. Dari mulai mafia sepak bola yang mengatur skor, persoalan utang di klub-klub, suporter sepak bola yang masih saja sering ricuh, dan lain-lain.

Seperti halnya berbagai aspek kehidupan, tentu saja harapan tetap harus dibangun. Harapan tetap harus ada. Dengan harapan tersebut, sepak bola di Indoensia tidak pernah akan mati.

Harapan tersebut kemudian digantungkan pada PSSI yang meskipun sampai akhir tahun 2019 belum menentukan Ketua Umum pengganti. Mungkin para pengurus sepakat untuk mengikuti rencana awal,menyelenggarakan pemilihan di Januari 2020. Kita lihat saja nanti.

Secara keseluruhan ada beberaoa harapan yang dapat dijadikan apresiasi. Apresiasi untuk langkah lebih mantap di tahun 2010.

1. Prestasi di Level Junior

Mungkin sepak bola Indonesia senior belum dapat berprestasi di tingkat Internasional. Namun, di level kelompok umur atau yunior ada beberapa prestasi yang dapat diapresiasi.

READ  Real Madrid Tumbang 1-4 Di Markas Valencia

Misalnya, Indonesia menjadi juara di Piala AFF U-16 tahun 2018. Di tahun 2019, U-22 juga dapat merebut juara Piala AFF.

Hal di atas menunjukkan bahawa kualitas pemain muda sudah cukup baik. Mereka yang dalam beberapa tahun mendatang akan menjadi senior. Bukan tidak mungkin kelak akan membawa Tim Nasional Indonesia ke level Internasional.

2. Pengembangan Bakat dan Kemampuan Para Pemain Muda

PSSI sendiri sudah mengambil langah nyata untuk pengembangan sepak bola tanak air di tengah banyak masalah melanda.

PSSI menambah liga kelompok umur sebagai wadah pemain muda untuk unjuk gigi. Di sini mereka dilihat kemampuan sekaligus mengembangkan bakat. Seleksi sudah dimulai sejak meraka masih dini.

Liga kelompok umur tersebut, antara lain Elite Pro Academy Liga 1 U-16 dan U-19 pada tahun 2018. Liga yang kemudian berkembang menjadi Liga 1 U-16, Liga 1 U-18, dan Liga 1 U-20. Bahkan PSSI memberi kesempatan kepada pemain puteri dengan diselenggarakannya Liga 1 Puteri 2019.

READ  Pemain Tangguh Yang Belum Ingin Pensiun

Tida hanya peningkatan kemampuan pemain. PSSI beberapa kali mengadakan kursus wasit dan pelatih hingga profesional untu tingkat AFC.

3. Target

Harapan juga dapat muncul dari target. Target yang dapat menjadi tujuan akhir atau justru dapat menjadi awal atau pemicu sepak bola menjadi lebih maju.

Target pertama  yang sebenarnya sudah dimulai di awal tahun Desember 2019 adalah menjadi juara Sea Games, mengulang kesuksesan tahun 1991.

Target kedua, prestasi di ajang Piala Dunia U-20 tahun 2021 saat Indonesia menjadi tuan rumah. Target prestasi yang bukan main-main karena kesempatan menjadi tuan rumah sekaligus langsung meloloskan Indonesia dari babak kualifikasi grup.

Target ketiga, Tim Nasional Indonesia akan lolos dari kualifiasi Piala Asia U-16 dan U-19 2020. Kebetulan pertandingan kualifikasi akan diadakan di Indonesia.

Harapan atas tim Indonesia sangat mendasar bukan? Harapan yang dapat dicapai dengan kerja keras dan fokus semua pihak yang terlibat di dalamnya.

READ  Kisah Cinta Lionel Messi Dan Barcelona
80%
Awesome
  • Design

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More