Bolakuonline.com
Berita Olahraga Terupdate Hari Ini

Mempermasalahkan Tim Olahraga yang Tidak Dapat Bertanding di SEA Games

sport 24 - Mempermasalahkan Tim Olahraga yang Tidak Dapat Bertanding di SEA Games
0 173

Bolakuonline.com, Mempermasalahkan Tim Olahraga yang Tidak Dapat Bertanding di SEA Games – Kalah dalam bertanding merupakan hal yang menyakitkan bagi siapa saja, termasuk pemain atau atlet olahraga. Bagaimana kalau mereka kalah sebelum bertanding alias tidak dapat diberangkatkan ke SEA Games padahal sudah berlatih keras?

Itu yang terjadi pada atlet cabang hoki Indonesia. Tim hoki Indonesia ditolak oleh Federasi Hoki Asia (AHF) untu bertanding di Sea Games. Padahal sebelumnya KONI Pusat sudah memastikan keberangkatan mereka.

Penolakan tersebut merupakan bagian dari permasalahan yang sudah lama terjadi pada kepengurusan hoki di Indonesia. Ada dualisme kepengurusan yang masih belum diselesaikan oleh KONI. Ada Federasi Hoki Indonesia (FHI), ada pula Persatuan Hoki Seluruh Indonesia (PHSI).

FHI yang diakui oleh KONI belum terdaftar di AHF. Sementara PHSI yang kepengurusannya tidak diakui oleh pemerintah justru terdaftar di AHF. Aneh tapi nyata, hanya ada di kepengurusan olahraga di Indonesia.

READ  Edinson Cavani Dan Ambisi Besar Di Old Trafford

Masalah ini dualisme pengurusan yang sudah lama terjadi. Namun, sebelumnya di SEA games tahun 2013, 2015, dan 2017 KONI tetap dapat mengirimkan atletnya.

Pengamat olahraga Fritz menyebutkan bahwa dualisme yang terjadi seharusnya sudah diselesaikan lama. Adanya penolakan kontingen akibat buruknya komunikasi antara KONI dan Komite Olimpiade Nasional (NOC). Kedua lembaga ini seharusnya sudah berkoordinasi mengenai cabang-cabang olahraga yang akan diberangkatkan ke SEA Games atau pertandingan lainnya dan diharapkan dapat meraih prestasi.

Berkaca dari cabang olahraga lain, memang penetapan cabang olahraga dinilai buruk oleh Fritz. Tenis meja yang juga mempunyai dualisme kepengurusan tidak diberangkatan. Mengapa hoki diberangkatkan? Ada sesuatu yang salah di dalamnya.

Di sisi lain, Fritz juga menambahkan bahwa ditolaknya tim hoki Indonesia membuktikan bahwa  federasi nasional gagal berdiplomasi dengan federasi internasionalnya. Apalagi mengingat bahwa SEA Games diselenggarakan bukan untuk bersaing tetapi untuk mempererat hubungan negara-negara di Asia Tenggara.

READ  Striker Tammy Abraham Tegaskan Fokus Untuk Chelsea

Penetapan yang buruk dan atlet menjadi korbannya.

Setelah penetapan mereka sudah berlatih keras selama berbulan-bulan untu meraih prestasi optimal. Atlet harus kecewa. Perjuangan mereka seperti sia-sia. Mereka tidak mendapatkan kesempatan untuk membuktikan kemampuan. Padahal hari-hari berat sudah dijalani.

Selain atlet, negara juga mengalami kerugian dari sisi materiil. Negara sudah mengeluarkan biaya untuk atlet mulai dari persiapan hingga sampai di Filipina. Dana yang tidak sedikit dan seharusnya bisa lebih optimal diberikan pada cabang lain yang membutuhkan.

Di luar masalah tim hoki yang ditolak, ada masalah tim olahraga  tari yang dikirmkan Indonesia. Nomor yang diwakiliDwi  Cindy akhirnya hanya diselenggarakan sebagai pertandingan eksibisi.

80%
Awesome
  • Design

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More