Bolakuonline.com
Berita Olahraga Terupdate Hari Ini

Mengingat Kembali Arsenal Matikan Tiki Taka Barcelona

Mengingat Kembali Arsenal Matikan Tiki Taka Barcelona
0 121

Mengingat Kembali Arsenal Matikan Tiki Taka Barcelona – Pada Liga Champions 2011, pendukung Arsenal terkejut mendengar timnya akan bertemu Barcelona di babak 16 besar. Saat itu Barca yang dinahkodai oleh Pep Guardiola dianggap sebagai tim terbaik di dunia kala itu.

Kualitas Barca saat itu memang berada jauh diatas skuad Arsenal. Namun Arsene Wenger yang sudah memahami karakter pemainnya dan sudah mempelajari pola permainan Barca, sudah mengantongi beberapa cara untuk mereda Blaugrana.

Fans Arsenal akan selalu mengingat pertandingan ini, karena Barcelona yang saat itu ada di atas angin, ternyata lumpuh 2-1 dari Arsenal di leg pertama 16 besar. Meskipun pada akhirnya Arsenal kalah di leg kedua dan tereliminasi dari kompetisi Liga Champions, namun para pendukung The Gunners akan mengenang pertandingan ini.

Karena di pertandingan yang diselenggarakan di Emirates Stadium dan disaksikan di depan publik sendiri, Arsenal menyajikan pertandingan menarik dan menegangkan dan berakhir kemenangan bagi Arsenal.

READ  2024, Liga Champions Kembali Ubah Sistem Fase ‘Delapan Besar’ ?

Comeback

Kemenangan ini adalah salah satu comeback yang akan selalu dikenang dan terasa spesial. Karena diraih dengan susah payah, bahkan sempat tertinggal 0-1 terlebih dahulu di babak pertama. Hingga akhirnya RvP (Robin van Persie) berhasil melesakkan gol penyama kedudukan di menit 78.

Pemain Arsenal yang terus berusaha untuk keluar dari permainan Barca, akhirnya membuahkan hasil. Tak lama setelah gol van Persie, Andrey Arshavin berhasil mencetak gol kedua dan penentu pertandingan. Setelah comeback yang alot, Arsene Wenger berhasil membawa Arsenal menang 2-1 di Emirates Stadium.

Sejak saat itu, Arsene Wenger semakin menegaskan bahwa ia adalah salah satu manajer terbaik yang pernah melatih di sepak bola Eropa.

Keberuntungan

Banyak pengamat pertandingan yang menilai pertandingan Arsenal tersebut hanyalah sebuah keberuntungan saja. Sepak bola memang tidak jauh dan tidak lepas dari keberuntungan, namun gaya permainan Arsenal saat melawan Barca patut diapresiasi.

Hal itu karena Arsene Wenger memberi instruksi kepada pemainnya untuk bermain dengan gaya bermain Barca, yaitu umpan pendek dan sentuhan satu dua. Kala itu, Barca adalah raja dari gaya bermain tiki taka.

Barcelona Lengah

Di Emirates Stadium kala itu, Barca memang sedang tidak beruntung. Sudah banyak peluang yang diciptakan Blaugrana saat itu, namun lini depan mereka seperti mendadak ompong. Arsenal pantas menang karena kedisiplinan dan semangat bermainnya.

Leo Messi terlalu banyak membuang peluang yang ada sejak awal. Jika Messi mampu mencetak gol di awal pertandingan, mungkin hasil akhir pertemuan ini akan memiliki hasil yang berbeda.

Pemain Arsene Wenger sanggup memberikan kejutan di satu titik momen penting, dimana pemain Barca sedang lengah dan kebingungan dalam mengantisipasi pergerakan pemain Arsenal.

READ  Manchester United Mulai Bergantung Pada Bruno Fernandes

Jack Wilshere

Pemain yang masih berusia 19 tahun saat itu membela Arsenal, mampu memberikan kejutan bagi pemain Barca yang notabene jauh lebih senior. Pemain muda ini bermain dengan menggebu dan menunjukkan performa terbaiknya.

Ia menjadi pemain yang patut menjadi perhatian Barca saat itu, karena mampu mengelabui Xavi dan Iniesta di lini tengah. Wilshere membantu tim untuk naik dan turun serta memenangi sebagian besar duel di lini tengah. Pemain terbaik Arsenal malam itu adalah Jack Wilshere.

Lionel Messi

Messi seharusnya mencetak dua hingga tiga gol saat itu jika peluang emas yang didapatkannya mampu dimaksimalkan dan dikonversikan menjadi gol. Namun keberuntungan datang untuk Arsenal, karena Messi selalu gagal mencetak gol yang sudah ada di mulut gawang.

Secara keseluruhan, Arsenal masih kesulitan membendung pergerakan Messi, karena ia selalu terlibat dalam setiap serangan mematikan Barca.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More