Bolakuonline.com
Berita Olahraga Terupdate Hari Ini

Persipura Jayapura, Klub dengan Prestasi Terbaik di Liga Indonesia

Persipura Jayapura, Klub dengan Prestasi Terbaik di Liga Indonesia
0 161

Persipura Jayapura, Klub dengan Prestasi Terbaik di Liga Indonesia – Saat ini, siapa yang tidak kenal Persipura Jayapura? Klub yang berasal dari Timur Indonesia, daerah yang sering kali dianggap tertinggal, saat ini tercatat sebagai klub dengan prestasi terbaik di Liga Indonesia. Banyak nama besar yang berhasil dikalahkannya, seperti Persib Bandung dan Persija Jakarta yang dapat dikatakan telah terlebih dahulu berkembang.

Liga Indonesia, yang merupakan penyatuan antara kompetisi perserikatan dan galatama memang baru digelar sekitar satu dekade terakhir.

Di sini klub kebanggaan masyarakat Papua telah meraih banyak prestasi.Tercatat, Persipura telah empat kali meraih trofi juara Liga 1 Indonesia, yaitu musim pertandingan 2005, 2009, 2011, dan 2013. Di luar itu, mereka juga menjadi runner up di tahun 2010, 2012, dan 2014. Tahun lalu, musim laga 2019 Persipura berhasil tampil sebagai juara ketiga.

Tidak hanya itu, di ajang Nasional mereka juga pernah menjuarai Community Shield Indonesia 2009, Indonesia Inter Island Cup 2011 dan Torabika Soccer Championship 2016. Sedangkan di laga Internasional, mereka menembus semifinal AFC tahun 2014.

READ  Kai Havertz Banjir Kritikan Karena Performa Tak Stabil

Persipura, didirikan oleh Mesackh Koibur yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum pertama Persipura.

Mesackh yang merupakan seorang pendeta bercerita bahwa dahulu, sekitar tahun 1963 suasana Papua yang masih disebut sebagai Papua Barat, kemudian Irian Jaya, sangat mencekam. Bahkan, para pendeta Belanda banyak yang kembali ke negaranya. Situasi politik yang menyebabkan suasananya tidak menyenangkan.

Mesackh tidak putus asa dan melihat bahwa sepak bola dapat menjadi pemersatu masyarakat. Dikontaknya Marnabas Youwe yang sedang belajar di Belanda untuk membantu.

Pemain awal yang direkrut mereka berdua adalah siswa sekolah SMP dan STM yang memiliki potensi. Semua berlatih di lapangan sederhana dengan bola seadanya. Seiring dengan waktu, usaha Mesackh membuahkan hasil. Banyak klub-klub internal mulai berdiri di Papua.

Pada tanggal 25 Mei 1965, beberapa klub internal berkumpul dan menggelar rapat di mes Gereja Kristen Indonesia (GKI). Hasilnya, mereka membentuk Perserikatan Sepak Bola Sukarno Putera yang disingkat menjadi Persipura. Saat itu, Ketua langsung dipegang Mesackh dengan sekretaris merangkap pelatih Marnabas Youwe.

Sampai sekarang, sepak bola tetap menjadi pemersatu masyarakat Papua.

Dalam sebuah wawancara, Jackson Tiago pelatih yang pernah membuat Persipura meraih banyak prestasi mengatakan, “Persipura tidak hanya mengandalkan talenta. Namun, kebersamaan dan kekeluargaan yang kuat antara seluruh tim yang menjadikannya seperti sekarang.”

Lebih jauh Jackson menyebutkan bahwa sepak bola adalah hiburan dan kebanggaan rakyat Papua. Kedua sikap tersebut yang membuat Jackson lebih mudah beradaptasi dengan seluruh tim.

Hal senada juga dikatakan oleh Marwal Iskandar, seorang gelandang lapangan yang berasal dari Sulawesi Selatan. Dia penah membawa tim meraih juara Liga Indonesia di tahun 2005. Dia merasa nyaman main bersama Persipura karena karakter masyarakatnya hampir sama dengan Makasar. Selain itu, di Papua tim sangat dihargai.

READ  Sir Alex Ferguson: Jurgen Klopp, Fantastis

Di Liga Indonesia, tercatat dua tim lain yang juga berprestasi cukup bagus meski tidak sebaik Persipura. Kedua tim yang disebut-sebut sebagai pesaing dekat tim Timur ini.

Tim yang pertama adalah Arema. Arema meraih dua kali juara Liga Indonesia di tahun 2009 dan 2010. Klub Jawa Timur ini juga tiga kali menjadi runner up, tahun 2010, 2011, dan 2013.

Di bawah posisi Arema FC, ada Bali United. Klub yang juga baru berkembang ini menjadi juara Liga Indonesia tahun 2017 dan 2019.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More